Thursday, October 18, 2012

Tamagoyaki



Tamagoyaki atau akrab dikenal dengan tamago adalah dadar telur ayam khas negeri sakura yang memiliki bentuk unik karena dadar telur ini bertekstur berlapis-lapis dan umumnya berbentuk kotak rapi. tamagoyaki biasa dijumpai di berbagai olahan makanan, seperti di bento ( nasi bungkus/ nasi kotak bekal ), sebagai pelengkap makan sehari-hari, atau sebagai neta ( lauk,isian, atau pelapis) pada sushi atau onigiri (nasi kepal). sebetulnya proses membuat tamagoyaki hampir sama dengan dadar telur yg sering kita buat sehari-hari. Namun, yang membuat berbeda adalah karena bentuk nya yang sedikit berbeda maka proses pembuatannya pun berbeda. tapi anda tidak perlu khawatir, karena berikut ini saya akan mecoba memaparkan proses membuat tamagoyaki.



Baham Utama

- 3 butir telur
- 1,5 sdm Madu ( bisa juga diganti dengan gula pasir )
- 1 sdt garam.
- minyak goreng secukupnya


Cara membuat :

- campur semua bahan dalam sebuah mangkuk kemudian kocok lepas.
- panaskan teflon dengan kurang lebih 3 sdm minyak.
- tuangkan sedikit campuran telur, kemudian goyangkan loyang untuk meratakan telur ke seluruh permukaan teflon.
- jika sudah hampir matang (belum terlalu kering), gunakan sumpit atau sodet untuk menggulung dadar ke satu bagian teflon ( contoh pada gambar dibawah )


- kemudian masukan adonan telur lagi sedikit, setelah hampir kering, kemudian gulung bersama dengan gulungan pertama, ke arah yang berlawanan ( contoh pada gambar dibawah ).

- lakukan hal yang sama terus menerus hingga adonan habis.
- setelah itu potong tamagoyaki menjadi beberapa bagian (jika menggunakan loyang bulat, ratakan tamagoyaki dengan memotong sedikit bagian tamagoyaki agar rata )
- tamagoyaki siap disajikan.


* resep untuk 1-2 orang








No comments:

Post a Comment