Monday, October 15, 2012

Tempura Udang



Tempura Udang ialah sebuah makanan dengan bahan dasar udang yang diselimuti tepung kering yang mudah kita temui di beberapa restoran cepat saji atau di restoran yang menyediakan makanan khas jepang. Makanan ini sendiri telah menjadi makanan favorit saya dan keluarga. Berhubung harganya yang tidak murah ( 3 potong ebi tempura dihargai 35ribu rupiah) saya dan keluarga lebih memilih untuk memasaknya dirumah sebagai teman makan ramen buatan sendiri juga tentunya. Cara pembuatannya yang sangat mudah,dan harganya yang jauh lebih ekonomis tentunya akan menjadi pilihan yanmg sangat tepat bagi para penyuka tempura ebi. Berikut cara membuatnya.



Bahan Utama :

500gram Udang jerubung agak besar
60gr tepung terigu 
Minyak Goreng


Bahan celupan (dilarutkan ) :

400gram tepung terigu
500ml air es
1/2 sdt garam
1/4 sdt lada


Cara Membuat :

- Kupas Bersih Udang, sisakan ekornya. Beri kira2 3 keratan pada bagian perut udang agar udang dapat berbentuk panjang lurus 
- baluri udang dengan  tepung terigu kering terlebih dahulu, baru kemudian dicelupkan pada bahan celupan yang telah dilarutkan.
- panas kan minyak goreng diatas wajan, masukan udang yang telah siap kedalam penggorengan. goreng kira-kira 5 menit.
- jika menginginkan serabut, maka sisa tepung cukup di tuang ke atas penggorengan dengan cara dioercikan dengan tangan sedikit demi sedikit.






No comments:

Post a Comment